Tentang Mitra Germa

Eyang Alm. Agustinus Soeripto Mitraatmadja, yang berprofesi sebagai seorang guru, semasa hidupnya adalah panutan dan tokoh bagi masyarakat di Godean, sebuah desa di kota Yogyakarta. Beliau wafat pada tanggal 25 Januari 1997 di usia 92 tahun.

Waktu telah membuktikan, bahwa Energi yang mengalir dalam dirinya, tidak pernah musnah tetapi terus bertumbuh. Ini adalah Energi Penuntun, Pembimbing, Pelindung sekaligus Pendidik Karakter yang berkelindan dan bergeliat, terus menyala melalui sepuluh anak anaknya, para cucu, cicit dan akan mengalir di generasi berikutnya. Tidaklah aneh bila turun temurun, sebagian besar dari mereka juga bergerak di bidang pendidikan. Apakah sebagai guru, fasilitator, mentor, pelatih atau pimpinan, hampir dari semua keturunannya memiliki talenta untuk mengajar.

Mitra berarti Sahabat, Atmadja berarti Anak. Demikianlah Alam Semesta menganugrahi beliau Energi, menjadi sahabat anak, sahabat kaum muda. Aliran dari Energi ini jugalah yang mampu menggerakkan salah satu generasi kedua, cucu beliau, untuk tinggal dan menetap bertahun tahun di Jerman.
Terbukti sepulang dari Eropa, Energi melalui Eyang (MITRA) terus menjelma dalam berbagai bentuk dan karya, salah satunya bermanifestasi sehingga cucu beliau giat dalam aktifitas dan program program yang menghubungkan antara Jerman (GERMA)– Uni Eropa  dan kaum muda Indonesia (INDO).

Jajaran pengurus MITRA GERMA INDO amat bersyukur kepada Sang Pemilik Kehidupan yang telah mengasihi kita semua demikian besar dan memberkati seluruh perjalanan hidup kita, khususnya untuk konsisten berkarya di bidang pendidikan dan interaksi pemahaman budaya.
Kami berterimakasih kepada Eyang Mitroatmodjo, seorang teladan, guru dan inspirator.
Kami yakin, bahwa kita semua sebagai sesama anak bangsa, pasti akan memberikan dukungan optimal kepada Putra dan Putri yang bercita-cita mulia untuk mengenyam pengalaman internasional di Eropa khususnya di Jerman.

Mitra Germa Indo bertekun bersama berbagai pihak mendampingi dan membantu  putra putri Indonesia untuk masuk dan hidup dalam pengalaman internasional di Jerman dan Uni Eropa.
Pengalaman internasional ini membawa banyak manfaat. Bukan hanya kebanggaan dan rasa percaya diri siswa, melainkan juga kebanggaan orangtua, sekolah, hingga bangsa negaranya. Mari kita berkolaborasi mengembangkan sikap mandiri Peserta Didik, sekaligus membukakan paradigma terhadap keanekaragaman budaya dan hubungan antar bangsa. Siswa membangun nama besar sekolah dan institusinya di Indonesia pada kancah dan hubungan internasional. Kemampuan berbahasa dan kualifikasi interpersonal mereka, tak pelak lagi akan menemukan titik balik untuk tumbuh dengan pesat.

Mitra Germa Indo ingin anak anak Indonesia berhasil dalam mempersiapkan, mendapatkan serta mempertahankan karakter pemimpin yang mulia, memiliki perjalanan karir yang sukses dalam ekonomi global sekaligus senantiasa mencintai Indonesia.

Je älter ich werde, desto mehr muss ich an dich denken
Semakin aku menjadi renta, semakin aku harus memikirkanmu
- r.h, generasi kedua -

 

Visi
Mencetak pemimpin pemimpin muda Indonesia yang berkarakter mulia dan berdaya saing tinggi baik di kancah nasional maupun internasional

Misi
Mengabdi bagi Indonesia melalui diplomasi budaya yang memberdayakan kaum muda
Menjadi jembatan kokoh bagi pemuda pemudi Indonesia dalam mencapai visi hidup melalui pengalaman interaksi di Jerman dan Uni Eropa
Menjadi salah satu gerbang utama untuk memperkenalkan Indonesia melalui ruang kerjasama dengan kaum muda Jerman dan Uni Eropa